Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, 11 March 2015

Ilmuwan Temukan Planet dengan 4 Matahari


Planet di alam semesta umumnya hanya mempunyai satu buah matahari yang dia kelilingi. Namun, di tahun 2013 lalu semua berubah, saat ditemukan sebuah planet yang dikelilingi oleh empat matahari. Kini, jumlah planet unik itu bertambah satu lagi.

Jika saat keluar di siang hari kita hanya melihat satu matahari, di planet 30 Ari b kita akan melihat ada empat matahari yang bersinar. Planet itu terletak 136 tahun cahaya dari Bumi, dan terdapat di gugusan bintang Aries.
Awalnya, ilmuwan hanya tahu bila planet 30 Ari b mempunyai tiga matahari, namun setelah ilmuwan NASA melakukan penelitian ulang, terungkap bila satu bintang yang dikelilingi planet tersebut adalah gugusan matahari yang terdiri dari dua bintang.
Matahari baru planet tersebut ternyata merupakan saudara dari bintang merah kerdil bernama 30 Ari B yang tidak terlihat sebelumnya.
Bintang 30 Ari B sendiri merupakan matahari utama dari planet tersebut. Nah, karena berputar bersama, duo bintang 30 Ari B digolongkan dalam tata surya ganda atau gugusan matahari.
Sementara itu, lintasan planet 30 Ari b ternyata juga 'terkunci' dengan sistem tata surya ganda lain, yaitu duo bintang 30 Ari A. Sehingga lengkaplah sudah 4 bintang menyinari planet tersebut.
"Sangat menakjubkan bagaimana alam menempatkan bintang-bintang ini bersama," ujar Dr. Lewis Roberts, pimpinan penelitian NASA tersebut, Daily Mail (05/03).
Pada tahun 2013 silam, ilmuwan amatir menemukan planet dengan empat matahari pertama, yakni planet KIC 4862625. Keberadaan planet tersebut terungkap berkat penggunaan teknologi teleskop luar angkasa NASA, Kepler.

SUMBER: DISINI

No comments:

Post a Comment