Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, 15 March 2013

Alternative rock

Male singer in white shirtsleeves and trousers, with a band behind him on a small stage.
 Salah satu band rock alternatif pertama populer, R.E.M mengandalkan airplay radio kampus, tur konstan, dan fanbase rakyat untuk masuk ke mainstream musik.

Alternatif rock (disebut juga musik alternatif, rock atau hanya alternatif alt) adalah genre musik rock yang muncul dari musik independen bawah tanah tahun 1980-an dan menjadi sangat populer pada
1990-an. Meskipun istilah yang paling sering dikaitkan dalam masa kejayaan komersial dengan suara, gitar terdistorsi keras, makna aslinya adalah luas, mengacu pada generasi musisi disatukan oleh utang kolektif mereka ke salah satu gaya musik, atau hanya independen, DIY etos punk rock, yang pada akhir tahun 1970 meletakkan dasar bagi musik alternatif Pada kali, "alternatif" telah digunakan sebagai deskripsi catch-semua untuk musik dari artis rock underground yang menerima pengakuan mainstream,. atau musik apapun , apakah batu atau tidak, yang terlihat sebagai keturunan dari punk rock (termasuk beberapa contoh dari punk itu sendiri, serta New Wave, dan pasca-punk).

Alternatif rock adalah istilah umum yang luas yang terdiri dari musik yang sangat berbeda dalam hal suara, konteks sosial, dan akar regionalnya. Pada akhir tahun 1980-an majalah dan zine, diputar perguruan radio, dan dari mulut ke mulut telah meningkat menonjol dan menyoroti keragaman rock alternatif, membantu untuk menentukan sejumlah gaya yang berbeda seperti gothic rock, pop gemerincing, pop kebisingan, C86 , Madchester, industri batu, dan shoegazing. Sebagian besar subgenre telah mencapai pemberitahuan utama kecil dan beberapa band yang mewakili mereka, seperti Hüsker Du dan REM, bahkan masuk ke major label. Tapi kesuksesan komersial band paling alternatif 'terbatas dibandingkan dengan genre lain dari musik rock dan pop pada waktu itu, dan tindakan yang paling tetap menandatangani kontrak dengan label independen dan menerima relatif sedikit perhatian dari mainstream, radio, televisi atau koran. Dengan terobosan dari Nirvana dan popularitas grunge dan gerakan Britpop pada 1990-an, rock alternatif memasuki mainstream musik dan band banyak alternatif menjadi sukses secara komersial.

karakteristik

Nama "alternative rock" pada dasarnya berfungsi sebagai istilah payung untuk musik underground yang muncul setelah punk rock sejak pertengahan 1980-an. Di seluruh sebagian besar sejarahnya,
alternative rock telah banyak didefinisikan oleh penolakan dari komersialisme dari budaya mainstream, meskipun hal ini bisa diperebutkan sejak beberapa seniman alternatif utama telah mencapai kesuksesan mainstream atau terkooptasi dengan label besar dari tahun 1990-an dan seterusnya (terutama sejak milenium baru dan seterusnya). Band alternatif selama tahun 1980 umumnya dimainkan di klub-klub kecil, direkam untuk label indie, dan menyebarkan popularitas mereka dari mulut ke mulut. Dengan demikian, tidak ada gaya musik ditetapkan untuk alternative rock secara keseluruhan, meskipun The New York Times pada tahun 1989 menegaskan bahwa genre adalah "gitar musik lebih dulu dari semua, dengan gitar bahwa ledakan out power chords, memilih chiming riff, buzz dengan fuzztone dan memekik dalam umpan balik. "Suara berkisar dari soundscapes yang suram gothic rock dengan gitar berdenting dari pop indie dengan gitar kotor grunge ke tahun 60-an / 70-an revivalisme dari Britpop. Lebih sering daripada dalam gaya batu-lainnya sejak pengarusutamaan musik rock selama tahun 1970-an, lirik rock alternatif cenderung membahas topik-topik kepedulian sosial, seperti penggunaan narkoba, depresi, dan environmentalisme. Pendekatan lirik dikembangkan sebagai refleksi dari strain yang sosial dan ekonomi di Amerika Serikat dan Inggris pada 1980-an dan awal 1990-an.

http://en.wikipedia.org/wiki/Alternative_rock 

No comments:

Post a Comment