Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, 16 November 2013

Dulu Kota Tambang, Kini Jadi Kota Kucing

Houtong, Taiwan (Foto: odditycentral)
Houtong, Taiwan (Foto: odditycentral)
Houtong, Taiwan
Di Taiwan, terdapat sebuah kota kecil bekas pertambangan yang dihuni banyak kucing. Akhirnya, kota tersebut mendapat julukan Kota Kucing.

Kota Houtong di Taiwan dulunya adalah sebuah kota pertambangan batu bara hingga tahun 1970an. kemudian, minyak dan listrik menggantikan fungsi batu bara sebagai bahan bakar sehingga penduduk kota ini mengalami kesulitan ekonomi. Penduduk pun mulai meninggalkan kota ini.

Kota ini akhirnya hanya ditinggali ratusan penduduk dan menjadi sepi. Hingga pada 2008, seorang pencinta kucing datang dan menyelenggarakan kontes pemotretan kucing di sini.

Kontes tersebut ramai di dunia maya, membuat banyak orang penasaran dan datang ke Houtong. Semakin banyak kucing di kota ini, semakin banyak pula turis datang hanya untuk memotret kucing atau bermain bersama hewan lucu ini. Akhirnya, kini Houtong dikenal sebagai Kota Kucing.

Kucing-kucing yang ada di Houtong adalah kucing-kucing liar, namun mereka diperlakukan istimewa. Penduduk begitu menjaga hewan yang membawa wisatawan datang dan membuat kota ini kembali ramai. Bahkan di toko suvenir kota ini, Anda dapat melihat berbagai cinderamata bertema kucing, mulai dari camilan berbentuk kucing hingga gantungan kunci.

Sayangnya, karena Houtong dikenal sebagai Kota Kucing, banyak warga di sekitar Houtong membuang kucing-kucing mereka ke kota ini. Jumlah populasi kucing semakin meningkat dan berisiko menyebarnya penyakit hewan. Warga pun mulai kesulitan memberi makan hewan-hewan ini.
http://travel.okezone.com/read/2013/11/07/544/893409/dulu-kota-tambang-kini-jadi-kota-kucing

No comments:

Post a Comment