Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, 18 September 2013

Ini Dia Tips Mencegah Kanker Payudara dengan Berolahraga



olahraga untuk payudara oleh<a href='http://www.menjelma.com/'> ke</a>sehatan SegiEmpatSaat mendengar kata kanker payudara, seorang wanita pasti merasa sangat takut atau ngeri. Penyakit ini telah menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa karena jika tidak segera dideteksi dan diobati, penyakit tersebut bisa menyebabkan penderitanya harus kehilangan nyawa. Oleh karena itu, menjadi hal yang sangat penting untuk mendeteksinya sejak dini kanker payudara agar pencegahan secara dini juga bisa dilakukan. Berdasar dari sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati.”
Seperti yang dilansir dari Healthland Time, ternyata ada berbagai manfaat yang akan Anda peroleh dari berolahraga. Rutin melakukan olahraga tidak hanya akan membakar kalori Anda dan membuat Anda menjadi lebih bugar. Melakukan olahraga dengan rutin juga akan membantu kaum wanita dalam menurunkan resiko untuk terkena kanker payudara.
Para ilmuwan dari University of Minnesota melakukan sebuah penelitian terhadap 391 orang wanita. Para peserta penelitian terdiri dari wanita premenopause, wanita yang jarang melakukan aktifitas fisik dan wanita yang sehat. Para peserta penelitian ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok.
Kelompok aktif terdiri dari 179 orang perempuan yang melakukan aktifitas fisik selama setengah jam, sebanyak lima kali dalam sepekan selama 16 pekan. kelompok ini menunjukkan sebuah hasil yang positif dari melakukan aktifitas fisik. Tubuh dari kelompok yang aktif menunjukkan kinerja dari zat anti kanker yang lebih baik. Selain itu, tubuh dari kelompok yang aktif juga menunjukkan perubahan metabolisme estrogen.
Hasil lain dari studi ini juga menunjukkan bahwa bagaimana sistem metabolisme bekerja dengan lebih baik untuk memecah hormon estrogen serta memperkecil resiko untuk terkena kanker payudara dengan latihan aerobik. Perlu Anda tahu bahwa hormon estrogen adalah salah satu hormon yang akan memicu terbentuknya kanker payudara.
Penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa resiko untuk terkena kanker payudara 6 % lebih rendah pada seorang wanita yang rutin melakukan berbagai jenis olahraga daripada wanita yang hanya berdiam diri untuk duduk dan bersantai.
Nah, rajin berolahraga tidak sia-sia kan? Tidak hanya akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar, tetapi juga dapat membantu Anda untuk mengurangi resiko untuk terkena kanker payudara. Oleh karena itu sejak saat ini, rutinlah untuk melakukan aktifitas fisik.

sumber:
http://kesehatan.segiempat.com/seks/mencegah-kanker-payudara-dengan-berolahraga/

No comments:

Post a Comment