Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, 4 September 2012

BRAZUCA DIPILIH SEBAGAI NAMA BOLA PADA PIALA DUNIA 2014

Bola resmi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ini digunakan dalam pertandingan persahabatan sepak bola antara Perancis melawan Costa Rica di stadion Lens, 
TEMPO.CO, Brasilia – Publik sepakbola Brasil telah memilih kata ''Brazuca'' sebagai nama bola sepak yang akan digunakan di Piala Dunia 2014.
Kata slang sering digunakan untuk menggambarkan kebanggaan sebagai warga Brasil ini dipilih oleh 80 persen responden yang mengikuti polling online yang diselenggarakan Adidas sebagai sponsor. Menurut Badan Sepakbola Dunia FIFA, polling tersebut diikuti oleh lebih dari sejuta responden.
Para responden ini diminta untuk memilih satu dari tiga kata yang diusulkan sebagai nama bola sepak yang akan digunakan di Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Brasil nanti. SelainBrazuca, pihak penyelenggara mengusulkanCanavalesca yang berarti seseorang yang menonjol dalam perayaan karnaval tradisional Brasil dan Bossa Nova, genre musik samba-jazz yang dipopulerkan di Rio de Janeiro pada 1950-an dan 1960-an.
Nama yang terpilih tersebut diumumkan di sebuah stasiun televisi Brasil dalam sebuah acara yang dihadiri mantan bek Selecao, Marcos Cafu, sebagai bintang tamu. Ternyata, Brazuca juga menjadi nama yang dipilih gelandang Real Madrid asal Brasil, Ricardo Kaka, yang mengungkapkan pilihannya dalam sebuah rekaman video dari Spanyol.
Konsep pemberian nama pada bola sepak yang digunakan di Piala Dunia dimulai pada 1970 di Meksiko dengan nama Telstar. Di antara sejumlah nama bola Piala Dunia yang paling lekat dalam ingatan adalah Tango yang dipakai di Argentina 1978, Azteca di Meksiko 1986 dan Jabulani di Afrika Selatan 2010
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/03/099427049/Brazuca-Dipilih-Sebagai-Nama-Bola-Piala-Dunia-2014

No comments:

Post a Comment