Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, 7 June 2012

UEFA Euro 1960 Perancis

The 1960 UEFA Piala Eropa adalah Kejuaraan Sepak Bola Eropa pertama, yang diadakan setiap empat tahun dan didukung oleh UEFA. Turnamen final diadakan di Perancis. Ini dimenangkan oleh Uni Soviet, yang mengalahkan Yugoslavia 2-1 di Paris setelah perpanjangan waktu.


Turnamen ini merupakan kompetisi sistem gugur; hanya 17 tim masuk dengan beberapa absensi penting, Jerman Barat, Italia dan Inggris di antara mereka. Tim-tim akan bermain rumah-dan-laga tandang sampai semifinal, empat akhir tim akan melanjutkan ke turnamen final, tuan rumah yang dipilih setelah tim menjadi dikenal.

Spanyol, masih di bawah sayap kanan diktator Francisco Franco, menolak untuk melakukan perjalanan ke Uni Soviet, pendukung utama Republik Spanyol Kedua dalam Perang Saudara Spanyol, dan menarik diri dari turnamen, sehingga empat akhir memiliki tiga negara-negara komunis: Uni Soviet, Cekoslovakia, dan SFR Yugoslavia, untuk pergi dengan tuan rumah Prancis. Di semi-final, Soviet membuat pekerjaan yang mudah dari Czechoslovaks di Marseille, mengalahkan mereka 3-0. Pertandingan lain melihat sebuah thriller sembilan tujuan sebagai Yugoslavia datang 5-4 atas, kembali dari defisit dua gol dua kali. Cekoslovakia mengalahkan Perancis 2-0 demoralisasi untuk tempat ketiga.

Di final, Yugoslavia mencetak gol pertama, tetapi Uni Soviet, yang dipimpin oleh kiper legendaris Lev Yashin, menyamakan kedudukan di menit ke-49. Setelah 90 menit skor jadi 1-1, dan Viktor Ponedelnik mencetak gol tujuh menit tersisa di waktu ekstra untuk memberikan Soviet Kejuaraan Eropa perdana.

Statistik UEFA Euro 1960 Prancis
Tuan Rumah : Prancis
Tanggal : 6 Juli - 10 Juli 1960
Tim : 4
Venue(s) : 2(di 2 kota)
Juara : Uni Soviet (gelar pertama)
Runner-up : Yugoslavia
Tempat Ketiga : Cekoslovakia
Tempat Keempat : Prancis
Jumlah Pertandingan : 4
Jumlah Goal : 17 (4.25 per pertandingan)
Jumlah Penonton : 78,958 (19,740 per pertandingan)
Pencetak Goal Terbanyak : Soviet Union Viktor Ponedelnik
Socialist Federal Republic of Yugoslavia Milan Galić
Socialist Federal Republic of Yugoslavia Dražan Jerković
Soviet Union Valentin Ivanov
France François Heutte
(2 goals)
Stadion : Parc des Princes, Paris
               Stade Velodrome, Marseille


http://en.wikipedia.org/wiki/Euro_1960
                                         


No comments:

Post a Comment