Seperti dikutip tujuhpedia, ada
tujuh mobil nasional (plus Esemka Rajawali) yang pernah dikembangkan
putra-putra bangsa. Ketujuh mobil tersebut adalah Marlip, Maleo, Gea,
Tawon, Komodo, Timor dan Esemka Digdaya, serta tambahan Esemka Rajawali.
Bagaimana sejarah delapan mobil tersebut?
1. Marlip

Marlip
adalah mobil listrik yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu
Pengetahuan Indonesia) dan dipasarkan PT. Marlip Indo Mandiri. Mobil ini
digunakan untuk mobil golf, pasien, mobil keamanan. Marlip juga punya
varian mobil empat penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam dengan
jarak tempuh maksimal 120km. Harga Marlip berkisar antara Rp60 sampai
Rp80 juta.
2. Maleo
Maleo
mulai dikembangkan pada 1993, dimana saat itu pemerintah mulai berpikir
tentang mobil nasional. IPTN sebagai instansi yang ditunjuk,
bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia. Sampai
pada 1997, IPTN sukses membuat 11 rancangan mobil yang isimewa. Namun
karena reformasi 1998, proyek tersebut menjadi sia-sia.
3. Gea

Gea
adalah proyek mobil nasional hasil riset PT. INKA (Industri Kereta Api)
dengan mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional), yakni mesin
berkapastias 640cc. Tujuan Gea adalah memberikan alternatif mobil kecil
menghadapi krisis energi. Dilepas dengan harga antara 45 -50 juta, sudah
diuji coba hingga 10.000 km dan kecepatan maksimalnya 90 km/jam. Mobil
ini sudah sampai tahap uji coba produksi.
4. Tawon

Mobil
tawon diproyeksikan menjadi pengganti Bajaj. Diproduksi oleh PT Super
Gasindo Indonesia Jaya (GIJ). Tawon adalah mobil nasional yang paling
siap dipasarkan. Mobil ini menggunakan bahan bakar gas dengan kapasitas
mesin mesin 650cc. Tawon mampu menembus kecepatan 100 km/jam dengan
banderol Rp48 juta on the road.
5. Komodo

Salah
satu desainer CN-250 Gatotkaca Ibnu Susilo menjadi Head Designer Maleo
mengeluarkan desain Komodo. Ini adalah mobil offroad asli Indonesia.
Mobil kecil tapi dapat melintasi hutan sejauh 100 km dalam 6-7 jam
dengan konsumsi bahan bakar hanya 5 liter. Komodo punya fitur
self-recovery yang membuatnya tidak bisa terguling.
6. Timor

Timor
adalah Teknologi Industri Mobil Rakyat. Timor pernah hits di dekade
90an yang diproduksi PT. Timor Putra Nasional. Sejatinya, mobil ini
merupakan mobil KIA Sephia dengan ide mengimpor mobil namun dengan
komponen lokal. Bersamaan dengan Timor, hadir Bimantara dengan produknya
Bimantara Cakra.
7. Esemka Digdaya

Esemka
Digdaya adalah proyek mobil nasional yang dikerjakan oleh siswa SMK 1
Singosari Malang. Mobil double kabin ini memiliki mesin 1.500 cc eks
Timor. Biaya yang dhabiskan Rp175 juta.
8. Esemka Rajawali

Senada
dengan Esemka Digdaya, Esemka Rajawali menjadi perbincangan khusus
setelah Wali Kota Solo Joko Widodo menggunakan sebagai mobil dinas.
Esemka Rajawali bergenre SUV dengan mesin 1.500 cc milik Timor. Mobil
ini dilepas dengan banderol Rp75 juta dengan semua fitur-fitur layaknya
mobil Jepang.
kaskus.us
No comments:
Post a Comment